HomeBRI NewsPeran BRI Dalam Menghadapi Krisis Pangan

Peran BRI Dalam Menghadapi Krisis Pangan

Beli Sari Roti Roti Sandwich Blueberry 49 gram - Clearance Sale, Hanya Rp6.000,- di Tokopedia I Beli Produk Murah & Bagus di Lazada, Free Ongkir

Dalam menghadapi ancaman krisis pangan, Bank BRI memiliki strategi khusus.

Bank BRI memprioritaskan penyaluran kredit pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor pangan untuk mendongkrak kapasitas produksi pangan dalam negeri.

Menurut Sunarso, Bank BRI terus berupaya dengan mendorong UMKM di sektor pangan untuk mengusahakan agar tidak terjadi kekurangan pangan (Sindonews, 17/07/2020).

Selain untuk menghindari krisis pangan, ini merupakan salah satu komitmen Bank BRI untuk recovery dan menyelamatkan UMKM dari tekanan dampak Covid-19.

Upaya ini menjadi penting mengingat sebesar 99.99% bisnis di Indonesia berada di segmen UMKM.

Sunarso berpendapat bahwa saat ini daya beli menurun, padahal roda perekonomian harus dikembalikan ke putaran awal.

Sehingga, Bank BRI selalu menggandeng UMKM untuk memberikan edukasi dan pendampingan agar mereka bisa menjadi mitra lembaga keuangan yang setara.

Tidak hanya itu, krisis ini juga mendorong Bank BRI untuk terus berinovasi dengan cepat.

Perseroan mendorong ekosistem pasar dengan adanya ekosistem digital.

Contohnya dengan pengembangan web pasar untuk mempopulerkan aktivitas berbelanja secara online, pedagang diberi edukasi dalam penggunaan aplikasi, dan belanja diantarkan oleh kurir. Secara singkat, Bank BRI sedang mendigitalkan pasar tradisional.

Bank BRI terus memperluas kehadiran web pasar.

Saat ini, web pasar sudah berjumlah 3.983 dan akan ditambah menjadi 5.241.

 Satu orang mantri akan didedikasikan pada setiap pasar untuk melakukan edukasi kepada anggota ekosistem pasar, salah satunya mengenai cashless society.

Upaya lain Bank BRI dalam penyelamatan UMKM adalah dengan adanya restrukturisasi kredit.

 Sejak Maret hingga Juli 2020, Bank BRI telah merestrukturisasi kredit pelaku usaha yang terdampak sebanyak 2,88 juta debitur, dengan total kredit yang direstrukturisasi mencapai Rp177,304 triliun.

Harapan dari segala upaya ini adalah untuk menyelamatkan roda perekonomian Indonesia.

Selain itu, negara tidak akan mengalami krisis pangan karena Bank BRI akan terus mendukung sektor pangan agar terus berproduksi.

Artikel lainnya:

Beli Sari Roti Roti Sandwich Blueberry 49 gram - Clearance Sale, Hanya Rp6.000,- di Tokopedia I Beli Produk Murah & Bagus di Lazada, Free Ongkir
Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Menyelesaikan Sarjana Ekonomi dari UKDW Yogyakarta untuk Program Bisnis/Akuntansi. Penelitiannya Mengenai Auditing Mendapatkan Penghargaan "Best Paper" di Simposium Riset Ekonomi.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli