HomeBisnisSimak Dahulu Langkah-langkah Menjalankan Usaha di Masa Tua

Simak Dahulu Langkah-langkah Menjalankan Usaha di Masa Tua

Usaha di masa tua – Menikmati masa tua bersama keluarga, tetap produktif dan menghasilkan banyak uang merupakan keinginan kebanyakan orang.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Masa tua atau masa pensiun bukan berarti menganggur di rumah, tetapi justru memiliki waktu lebih untuk mengerjakan hal-hal yang tidak sempat dilakukan selama bekerja seperti membuka usaha.

Usaha adalah salah satu cara untuk menopang kebutuhan hidup dan tetap menghasilkan banyak uang di masa tua, contoh usahanya seperti usaha sembako, jadi juragan kontrakan, usaha kuliner, rental kendaraan, usaha pertanian, waralaba, dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah Menjalankan Usaha di Masa Tua

Sebelum memulai usaha di masa tua hendaklah Anda mempersiapkan langkah-langkah khusus agar usaha dapat berjalan dengan sukses, berikut langkah-langkah menjalankan usaha di masa tua.

  • Tidak tergesa-gesa menarik dana pensiun

Langkah menjalankan usaha di masa tua yang pertama adalah jangan tergesa-gesa menarik dana pensiun.

Menarik dapat pensiun adalah sangat menguntungkan, Anda tidak perlu mengajukan pinjaman untuk kebutuhan modal bisnis.

Namun perlu diingat, menarik uang pensiun sebelum periode pencairan memiliki risiko, Anda akan kehilangan potensi pengembangan uang pensiun selama lima tahun, risiko lainnya adalah dikenakan penalti dan pajak yang cukup besar.

Sebaiknya gunakan simpanan atau dana darurat Anda sebagai modal usaha atau menutup kekurangan modal usaha.

  • Pilih bisnis yang Sesuai kemampuan finansial dan Diminati

Langkah menjalankan usaha di masa tua yang berikutnya adalah merencanakan usaha dengan matang.

Pilih usaha yang sesuai dengan passion atau diminati, selain itu, pilihlah juga usaha yang sesuai kemampuan finansial, tidak perlu usaha yang langsung besar, mulai saja dulu dari usaha kecil atau rumahan.

  • Jangan Mudah Menyerah

Langkah menjalankan usaha di masa tua yang terakhir adalah jangan mudah menyerah, usaha memang idealnya dilakukan sedari muda, sehingga di masa tua tinggal menikmati hasilnya.

Namun, usaha dan sukses tak memandang usia tidak ada kata terlambat untuk mewujudkannya.

Jalan hidup setiap orang pasti berbeda, yang terpenting adalah kegigihan, ketekunan, dan pantang menyerah dari memulai sampai membangun usaha.

Konten menarik lainnya:

Cara Beli Token Listrik di ATM BRI dengan Mudah

Cara Print Struk BRILink Mobile

Bank BRI dan Taspen Meningkatkan Kesejahteraan ASN Melalui Kios Warga

Alexander
Alexander
Hobi menonton pertandingan olahraga, seperti sepak bola, dan badminton, yang kemudian dituangkan dalam tulisan di Exploraphones.com.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli