HomeBRI NewsKerjasama BRI dengan Google Meningkatkan UMKM Go Digital

Kerjasama BRI dengan Google Meningkatkan UMKM Go Digital

Idra Utoyo Direktur Digital dan Teknologi Informasi (TI) BRI, Foto: Dok. BRI via Cnbcindonesia

Bank BRI melakukan kerjasama dengan Google Cloud dalam rangka memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan layanan, serta memperkuat digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Menurut Direktur Digital dan Teknologi Informasi (TI) Bank BRI, Indra Utoyo, tujuan Bank BRI, selaku bank penyalur dana UMKM terbesar adalah melakukan kerjasama dengan Google Cloud adalah untuk memperluas jangkauan layanan keuangan, menyalurkan produk keuangan sesuai dengan profil UMKM, serta meningkatkan kompetensi UMKM (Cnbcindonesia.com, 04/07/2020).

Menurutnya, untuk dapat masuk ke sektor micro dan ultramicro, Bank BRI perlu suatu gebrakan dalam penerapan artificial intelligence untuk merchant assessment, credit scoring, product recommendation dan fraud detection, dimana proses akan menjadi lebih cepat dan akurat.

Kerjasama ini juga membantu Bank BRI dalam meningkatkan leading financial indicator berupa loan, savings, current account saving account (CASA) dan fee based income (FBI).

Dalam kerjasama ini, Bank BRI memiliki 3 tujuan utama, yaitu mendorong ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia dengan high tech dan low touch, berupaya menciptakan micropreneur baru melalui penyaluran KUR Digital, dan menciptakan keunggulan dalam artificial intelligence based risk management milik Bank BRI.

Dengan Google, BRI akan mempertajam merchant assessment melalui pemberdayaan data UMKM yang dimiliki oleh Google.

Kolaborasi Bank BRI bersama dengan Google Cloud akan meningkatkan performa UMKM melalui pelatihan digital bersama Google Academy (Youtube dan Google MyBusiness).

Selain dengan pelatihan digital, Bank BRI berupaya menciptakan micropreneur baru melalui penyaluran KUR Digital, dengan cara meningkatkan eksposur dari KUR Digital ke seluruh Indonesia melalui pemanfaatan Google Ads, serta mempertajam penerapan KUR digital dengan teknologi cloud dan artificial intelligence.

Kerjasama yang dilakukan ini nantinya akan menciptakan keunggulan lain, berupa artificial intelligence based risk management milik Bank BRI, yaitu BRIBrain dengan best practice serta kerjasama teknologi yang dimiliki Google.

Indra Utoyo berharap bahwa hal ini dapat menjadi salah satu langkah maju dari transformasi digital Bank BRI untuk selalu meningkatkan layanan kepada para pelaku UMKM untuk bisa go digital.

Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Menyelesaikan Sarjana Ekonomi dari UKDW Yogyakarta untuk Program Bisnis/Akuntansi. Penelitiannya Mengenai Auditing Mendapatkan Penghargaan "Best Paper" di Simposium Riset Ekonomi.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli