HomeNewsJokowi Buka PON XX Papua 2-15 Oktober 2021

Jokowi Buka PON XX Papua 2-15 Oktober 2021

Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Disiarkan oleh YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka gelaran PON XX di Jayapura, Papua, pada 2 Oktober 2021.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Presiden Jokowi membuka event olahraga tersebut dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim dan dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang (Kompas, 03/10/2021).

Bagi yang belum mengetahui, PON adalah singkatan dari Pekan Olahraga Nasional yang merupakan event olahraga nasional terbesar.

Jokowi berharap masyarakat bisa merayakan event ini dengan sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta persatuan bangsa.

Event empat tahunan yang digelar pada 2-15 Oktober 2021 ini diikuti oleh 6.442 atlet dari seluruh Indonesia.

Tempat utama penyelenggaraan PON XX berada di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, dengan kapasitas 40.000 penonton.

Selain olahraga konvensional, pekan olahraga edisi 2021 ini juga mempertandingkan eksibisi Esports pada 21-26 September lalu.

Ada empat game yang dipertandingkan di PON Papua Esports, yakni eFootball PES 2021, Free Fire, Mobile Legends, dan PUBG Mobile.

Bisa dikatakan bahwa kekuatan Esports di Indonesia cukup merata karena medali emas diraih oleh kontingen dari empat provinsi yang berbeda.

Sulawesi Tenggara berhasil menjuarai PON Papua Esports FF, sedangkan game eFootball PES 2021 menjadi milik Jawa Barat.

Tim Kalimantan Barat berhasil menjuarai PON Papua Esports ML, kemudian medali emas PON Papua PUBG mobile disabet oleh DKI Jakarta.

Selain itu, ada game lokal berjudul Lokapala yang ikut dipertandingkan, tetapi hanya bersifat pertandingan persahabatan tanpa memperebutkan medali.

Artikel menarik lainnya:

Kisah Sukses Pebisnis Keripik Keladi Berkat Pinjaman Modal Usaha Bank BRI dari Nabire, Papua

Hadiah Total 125 Juta, Digital Activity KPR BRI Virtual Expo 2021

Syarat Menpora Berikan Izin Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga

Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Menyelesaikan Sarjana Ekonomi dari UKDW Yogyakarta untuk Program Bisnis/Akuntansi. Penelitiannya Mengenai Auditing Mendapatkan Penghargaan "Best Paper" di Simposium Riset Ekonomi.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli