HomeNewsProgram Studi Manajemen Unnes Paling Diminati, Jalur Nilai Rapor Menarik Perhatian Calon...

Program Studi Manajemen Unnes Paling Diminati, Jalur Nilai Rapor Menarik Perhatian Calon Mahasiswa

Program Studi Manajemen Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi pilihan terbanyak di antara pendaftar Seleksi Mandiri (SM) Jalur Nilai Rapor, dengan total 3.603 pendaftar.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman https://sm.unnes.ac.id/jurnal pada hari Senin pukul 16.30 WIB, terdapat lima program studi Unnes yang menempati peringkat teratas dalam Seleksi Mandiri Jalur Nilai Rapor.

Program Studi Manajemen menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Psikologi dengan 3.085 pendaftar, Kesehatan Masyarakat dengan 2.973 pendaftar, Ilmu Hukum dengan 2.846 pendaftar, dan Teknik Informasi dengan 2.409 pendaftar.

Kepala Humas Unnes, Surahmat, menyebutkan bahwa Unnes mengalokasikan 50 persen kuota untuk mahasiswa baru melalui jalur SM, yang terbagi dalam beberapa kategori, salah satunya adalah jalur nilai rapor.

Selain jalur nilai rapor, Unnes juga membuka jalur SM lainnya, yaitu Jalur UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan Jalur Mandiri Reguler,” ungkapnya.

Pendaftaran untuk jalur nilai rapor akan ditutup pada hari Selasa (27/6), setelah sebelumnya diperpanjang, mengingat minat masyarakat yang masih tinggi untuk mendaftar melalui jalur tersebut.

“Jalur UTBK dibuka mulai 26 Juni hingga 6 Juli 2023. Sedangkan, jalur seleksi mandiri reguler telah dibuka sejak 17 Mei dan akan ditutup pada 9 Juli 2023,” jelasnya.

Jalur Rapor dan UTBK adalah jalur seleksi tanpa tes. Pada jalur nilai rapor, seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor semester 1-5, dan hanya tersedia bagi siswa yang baru lulus pada tahun 2023.

Jalur UTBK juga tidak melibatkan mekanisme tes, karena penilaian dilakukan berdasarkan skor UTBK yang telah diperoleh oleh peserta.

Untuk program studi dengan tingkat persaingan rendah pada jalur seleksi mandiri rapor, Pendidikan Bahasa Prancis menempati peringkat teratas dengan hanya 50 pendaftar atau jumlah pendaftar terendah.

Di peringkat kedua, terdapat Sastra Jawa dengan 65 pendaftar, kemudian Pendidikan Bahasa Mandarin dengan 82 pendaftar, Pendidikan Seni Rupa dengan 82 pendaftar, dan Pendidikan Seni Musik dengan 91 pendaftar.

Baca juga:

Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Menyelesaikan Sarjana Ekonomi dari UKDW Yogyakarta untuk Program Bisnis/Akuntansi. Penelitiannya Mengenai Auditing Mendapatkan Penghargaan "Best Paper" di Simposium Riset Ekonomi.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli