HomeBRI NewsBank BRI Raih Pengakuan Internasional Setelah Menerapkan Good Corporate Governance

Bank BRI Raih Pengakuan Internasional Setelah Menerapkan Good Corporate Governance

Bank BRI dinobatkan sebagai TOP 3 Indonesian Public Listed Company (PLC) dan Asset Class Thresholds oleh ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Penilaian ACGS sendiri dilakukan secara independen terhadap 100 emiten, dengan kapitalisasi pasar terbesar di masing-masing negara ASEAN yang dilakukan oleh Domestic Ranking Body (DRB).

Untuk Indonesia sendiri, yang menjadi DRB adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Corporate Secretary BRI, Amam Sukriyanto mengungkapkan bahwa prestasi ini adalah bukti bahwa kiprah perusahaan BUMN semakin diperhitungkan di dunia internasional (Suara.com, 3/7/2020).

Hal ini tidak lepas dari komitmen dari dewan komisaris dan direksi Bank BRI untuk menerapkan praktik Good Corporate Governance (GCG) dalam seluruh aspek organisasi.

Instrumen dalam penilaian ACGS meliputi hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran para pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi serta tanggung jawab dewan komisaris dan direksi.

Pencapaian yang diraih oleh Bank BRI menjadi sebuah nilai tambah bagi perusahaan yang memiliki visi untuk menjadi The Most Valuable Bank in South East Asia and Home to The Best Talent.

Selain itu, penerapan tata kelola perusahaan yang baik akan membuat sebuah perusahaan BUMN semakin diakui kapasitasnya oleh dunia internasional.

Amam pun menambahkan bahwa Bank BRI menjadi salah satu dari tiga perusahaan terbuka terbaik di Indonesia karena kinerja perseroan yang tumbuh positif dan sustainable, tanpa melepaskan komitmen pengelolaan risiko yang prudent dan penerapan GCG berdasarkan best practice internasional.

Hal inilah yang menjadikan Bank BRI menjadi BUMN terbaik.

Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Menyelesaikan Sarjana Ekonomi dari UKDW Yogyakarta untuk Program Bisnis/Akuntansi. Penelitiannya Mengenai Auditing Mendapatkan Penghargaan "Best Paper" di Simposium Riset Ekonomi.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli