HomeBRI NewsBRI Bantu Pulihkan Ekonomi dengan Recovery UMKM

BRI Bantu Pulihkan Ekonomi dengan Recovery UMKM

Dok. BRI

Bank BRI terus berkomitmen untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui upaya recovery Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi.

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga ekonomi Indonesia yang mencatatkan minus 5,32% pada kuartal II 2020.

Sunarso, Direktur Utama Bank BRI, menyatakan bahwa pihak yang sanggup bertahan di krisis ini adalah mereka yang punya banyak tabungan (Wartaekonomi, 11/10/2020).

Pernyataan itu disampaikan oleh Sunarso dalam webinar online pada 8 Oktober 2020.

Direktur Utama BRI itu juga menegaskan bahwa pandemi turut membatasi interaksi masyarakat, padahal mereka tetap perlu mengonsumsi barang dan jasa.

Sehingga, recovery UMKM menjadi penting bagi Bank BRI, terlebih lagi 98,68% entitas usaha di Indonesia berada di sektor mikro.

Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 609%, bahkan penyerapan tenaga kerjanya berada di angka 97%.

Meskipun begitu, Sunarso mengungkapkan bahwa rasio entrepreneur Indonesia terhadap jumlah penduduk masih relatif rendah dibandingkan negara lain.

Bank BRI punya jurus tersendiri untuk menyikapi masalah ini.

Caranya bukan dengan membesarkan UMKM mikro dan kecil, melainkan dengan memasukkan orang ke entrepreneurship agar tercipta lapangan kerja.

Oleh karena itu, dukungan digitalisasi adalah hal esensial, agar pedagang dapat memasarkan dagangannya kepada konsumen secara virtual.

Perseroan hadir melalui Web Pasar BRI yang dapat membantu pedagang pasar untuk promosi berskala lokal di sekitar pasar.

Pembeli dapat melakukan pembayaran dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu QR Code, kartu gesek, dan uang tunai.

Artikel menarik lainnya:

93 Persen UMKM BRI Bangkit Pasca Restrukturisasi

BRIncubator Go Global Untuk Transformasi UMKM

Kontribusi BRI Terhadap UMKM Melalui Pengusaha Muda BRIlian

Reananda Hidayat Permono
Reananda Hidayat Permono
Completed his Master of Science - MS, Petroleum Geology from Curtin University, Perth, Australia.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli