Lihat Daftar Penerima BPUM 2021 di eform bri.co.idbpum Pakai KTP

Pemerintah kembali menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun ini, jangan lupa cek laman eform bri.co.id/bpum pakai KTP secara reguler.

Masyarakat juga mengenal program ini dengan nama Bantuan Langsung Tunai untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau BLT UMKM 2021. Adapun tujuan penyaluran bantuan ini adalah untuk meringankan beban pelaku usaha mikro di tengah gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Tidak seperti tahun sebelumnya, nilai penyaluran BPUM 2021 berkurang 50% sehingga nilainya menjadi Rp 1,2 juta (Tribunnews, 27/04/2021). Jika sudah mendaftarkan diri, silakan cek status pengajuan di eform bri.co.id/bpum pakai KTP dengan mengakses website eform BRI.

Setelah memasukkan nomor KTP dan kode verifikasi di https://eform.bri.co.id/bpum, pada layar akan muncul keterangan apakah Anda dinyatakan lolos verifikasi atau tidak. Eddy Satriya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, mengungkapkan ada kuota sebanyak 12,8 juta penerima di BPUM 2021.

Pemerintah sendiri telah menyediakan anggaran BPUM 2021 sebanyak Rp 15,36 triliun. Eddy menegaskan bahwa ada tiga kategori penerima BLT UMKM, kategori pertama adalah mereka yang sudah menerima tahun lalu.

Kategori selanjutnya adalah pelaku UMKM yang belum pernah menerima dan yang datanya sudah diusulkan tetapi belum menerima BPUM. Pendaftaran BLT UMKM 2021 dilakukan melalui satu pintu, yakni dinas yang membidangi koperasi dan UKM level kabupaten/kota.

Usulan akan berlanjut ke meja dinas koperasi UKM provinsi dan Kementerian Koperasi dan UKM. Pastikan Anda memenuhi syarat yang ditetapkan agar dapat menemukan kabar baik di laman eform bri.co.id/bpum pakai KTP.

Designed by Alexander Rabu